Translate

Senin, 20 Oktober 2014

KUMPULAN SOAL IPS KELAS 8


1.Tokoh-tokoh Nasionalis Indonesia yang dipanggil pada 9 Agustus 1945 ke Dalat, Saigon (Vietnam) ialah……
a.Ir. Soekarno, Ki Hajar Dewantara dan Radijman Wedyodiningrat
b.Moh Hatta, R.Panji Suroso, Moh.Yamin
c.Radjiman Wedyodiningrat, RP.Suroso dan AA.Maramis
d.Ir. Soekarno, Moh. Hatta, Radjiman Wedyodiningrat
2.Alasan pokok golongan tua menolak usulan para pemuda untuk segera mengumumkan kemerdekaan adalah….
a.tidak setuju dengan cara para pemuda
b.memenuhi kepesepakatan dengan Marsekal Terauci melelui PPKI
c.mendapatkan tekenan dari pihak sekutu
d.mendapatkan tekanan dari pihak Belanda
3.Tokoh nasionalis yang tidak mengemukakan gagasan mengenai dasar negara dalam sidang BPUPKI adalah…
a. Mohammad Yamin                                      c. Ir Soekarno
b. Mr. Supomo                                                             d.K.H. Zaenal Mustofa
4.PPKI didirikan setelah….
a.dijatuhkannya bom di kota Nagasaki
b.dijatuhkannya bom di kota Hiroshima
c.Bung Karno di panggil ke Dalat,Vietnam
d.Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu
5.Hal yang berbeda dari Piagam Jakarta mengenai dasar negara dengan rumusan Pancasila yang dikenal sekarang, yaitu sila …
a.Pertama                                                         c.Ketiga
b.Kedua                                                           d.Keempat
6. Urutan dasar negara menurut Mohammad Yamin dalam sidang pertama BPUPKI secara kronologis, yaitu…
a.Kemanusiaan-kebangsaan-ketuhanan-kerakyatan- kesejahteraan rakyat
b.kebangsaan- Kemanusiaan- ketuhanan- kerakyatan- kesejahteraan rakyat
c.kerakyatan- Kemanusiaan- kebangsaan- kesejahteraan rakyat- ketuhanan
d.kesejahteraan rakyat- Kemanusiaan- kerakyatan- kebangsaan- ketuhanan
7.BPUPKI mengadakan sidang kedua dan berhasil membentuk tiga panitia, salah satunya yaitu …
a.Panitia perancang Panitia                                          c.Panitia perancang batang tubuh
b.Panitia perancang UUD                                            d.Panitia perancang Pembukaan UUD 1945
8.Pemberontakan PETA di Blitar yang dipimpin oleh Supriyadi terjadi pada …
a.25 Februari 1944                                                      c.14 Februari 1945
b.10 November 1942                                                   d.12 Juli 1944
9. Melalui PM Jenderal Koiso pada tahun 1944, jepang memberi janji kemerdekaan kepada bangsa Indonesia kerena…
a.Sekutu menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima    c.Kedudukannya dalam perang Pasifik makin terdesak
b.Sekutu menjatuhkan bom atom ke Nagasaki                        d.Sekutu telah mendarat ke Indonesia
10. Urutan Pancasila yang benar terdapat pada…
a.rumusan Muh.Yamin                                                            c.Piagam Jakarta
b.rumusan Ir. Soekarno                                                           d.Pembukaan UUD’45
11. Perhatikan nama tokoh berikut ini!
1) Ir. Soekarno                         5) Mr. Ahmad Subarjo
2) Sutan Syahrir           6) KH. Dewantara
3) Mr. A.A Marimis     7)H. Agus Salim
4) Prof. Dr Soepomo   8) Radjiman Wedyodiningrat
Tokoh-tokoh di atas yang termasuk dalam panitia sembilan adalah…
a.1,2,3 dan 5                                                                b. 2,4,5 dan 7
c.1,3,5 dan 7                                                                d. 4,5,6 dan 8
12. Salah satu tugas PPKI adalah …
a.Menyelidiki kehendak rakyat Indonesia                   c.Menyusun naskah UUD
b.Menyusun rencana kemerdekaan Indonesia             d.Memilih Presiden dan wakil Presiden
13.Sejak mulai terbentuknya, PPKI baru dapat melaksanakan sidang pada masa …
a.Zaman pendudukan Jepang                                      c.Zaman kemerdekaan Indonesia
b.Masa kekalahan Jepang                                            d.Kembalinya pemerintahan Belanda
14.Jepang yang kalah dalam perang Asia Pasifik harus menjaga “status quo” Indonesia, artinya Jepang …
a.Boleh memerdekakan bangsa Indonesia
b.Tidak boleh mengadakan perubahan apapun atas nama Indonesia
c.Harus menaati kaisar
d.Harus siap mendukung semua tindakan bangsa Indonesia
15.Setelah Jepang menyerah kepada sekutu, Indonesia di katakan dalam keadaan vacuum of power karena…
a.Kemerdekaan belum diproklamasikan
b.Pemerintah penduduk Jepang berakhir
c.Pemerintah penduduk Jepang belum berakhir
d.Jepang telah kalah, sementara sekutu belum datang
16.Golongan muda menuntut kemerdekaan Indonesia lepas dari segala pengaruh Jepang dengan alasan…
a.Rakyat sudah sangat rindu akan kemerdekaan
b.Skap jepang di Indonesia sudah sangat menyakitkan
c.Kemerdekaan Indonesia harus mencapai dengan radikal
d.Kemerdekaan Indonesia menjadi hak Indonesia sendiri
17.Golongan muda menghendaki agar proklamasi dilaksanakan ….
a.Secepatnya tanpa sidang PPKI                                  c.Pada saat sidang PPKI
b.Setelah mengadakan sidang PPKI                             d.Pada tanggal 16 Agustus 1945
18.Latar belakang penculikan Ir. Soekarno dan Drs. Moh Hatta oleh para pemuda adalah…
a.Agar Ir Soekarno dan Drs. Moh Hatta tidak terpengaruh oleh jepang
b.Agar Ir Soekarno dan Moh. Hatta di Rengasdengklok
c.Karena perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda tentang cara melaksanakan proklamasi
d.Karena golongan muda akan melaksanakan proklamasi tanpa membutuhkan Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta
19. Tujuan para pemuda membawa Ir. Soekarno dan Moh. Hatta ditempatkan di..
a.Agar tidak menjadi sasaran aksi teror
b.Agar tidak terpengaruh oleh pemerintah jepang
c.Agar pemimpin rapat menyusun naskah proklamasi
d.Memaksa untuk menandatangani naskah proklamasi
20.Peristiwa Rengasdengklok menurut golongan tua dianggap penculikan sebab…
a.Diambil dengan paksa untuk menuruti kemauan pemuda     c.Disiksa agar mau menuruti keinginannya
b.Di amcam untuk dibunuh                                                     d.Dipaksa untuk di ansingkan oleh Jepang
21. Meskipun terjadi perbedaan pendapat, masalah kemerdekaan Indonesia sebenarnya antara golongan pemuda dan golongan tua memiliki persamaan tujuan yaitu…
a.Kemerdekaan Indonesia
b.Jepang segera angkat kaki dari indonesia
c.Menolak kedatangan di indonesia
d.Menghindarkan campur tangan asing terhadap kemerdekaan Indonesia
22. Perhatikan nama tokoh-tokoh di bawah ini!
1) Dr. Rajiman Wedyodiningrat                       3) Dr. Moh. Hatta
2) Mr. Achmad Suberjo                                   4) Ir. Soekarno                         5) Sutan Syahrir
tokoh-tokoh yang terlibat langsung dalam penyusunan teks proklamasi 17 Agustus 1945 ditunjukan pada nomor…
a. 1,2 dan3                                                                   b. 2 dan 5
c. 1,3 dan 4                                                                  d. 2,3 dan 4
23. Peranan Sayuti Melik dalam peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah …
a.Sebagai pengetik naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia yang otentik
b.Memimpin pengamanan saat perumusan teks proklamasi
c.Anggota perumus teks proklamasi
d.Sebagai ketua golongan pemuda yang membawa Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok
24. Jasa Ibu Fatmawati dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia dapat dilihat perannya dalam …
a.menyediakan akomodasi dan konsumsi                    c.menyiapkan Bendera Merah Putih
b.menyiapkan tempat upacara                                                 d.memimpin peserta upacara
25. Tokoh-tokoh yang berjasa dalam penyebarluasan berita proklamasi kemerdekaan adalah…
a.Chaerul Saleh,Wikana, Syahrudin
b.S. Syahrir, A Subarjo, Bactiar Lubis
c.Sudiro, Yusuf Ronodipuro, Moctar Lubis
d.Yusuf Ronodipuro, Syahrudin, Bactiar Lubis
26.Proses sosial terjadi karena manusia pada hakikatnya merupakan …
a.Homo duplek c. homo socius
b.Homo homini lupus d. homo sapiens
27.Mia seorang siswi SMP yang senantiasa mengikuti ceramah Aa Gym di televisi karena menyenangi isi ceramah dan figur seorang Aa Gym. Mia mengalami proses …
a.Identifikasi c. imitasi
b.Sugesti d. simpati
28.Suatu proses yang dapat membantu individu melalui proses belajar dan penyesuaian diri agar dapat berperan dalam kelompoknya dinamakan proses …
a. Adaptasi c. sosialisasi
b. Imitasi d. interaksi
29.Menurut Notonegoro, nilai dibagi atas tiga bagian, yaitu …
a.Nilai abstrak, konkrit, dan nominal
b.Nilai kesusilaan, agama dan hukum
c.Nilai materi, vital dan kerohanian
d.Nilai material, spiritual, dan hukum
30.Sifat dasar yang dapat mempengaruhi proses sosialisasi adalah ….
a.Keadaan masyarakat pendukung kebudayaan
b.Kondidi fisik anak yang baru lahir
c.Seluruh potensi yang diwariskan ayah dan ibu
d.Tingkat ekonomi dan sosial ayah dan ibu
31.Pemeliharaan kesehatan dan kecantikan merupakan contoh-contoh pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan …
a.jasmani c. ilmiah
b.pendidikan d. rohani
32.Fungsi ekonomi dari pranata keluarga antara lain …
a.Memenuhi kebutuhan ekonomi
b.Mendidik disiplin anak
c.Melahirkan anak
d.Memberikan kehangatan dan kasih sayang
33.Fungsi keluarga yang berkaitan dengan mendapatkan kedudukan baru dalam masyarakat, yaitu …
a.Pelestarian generasi
b.Perlindungan ekonomi
c.Pemberian status
d.Sosialisasi primer
34.Fungsi utama pendidikan di sekolah bagi kemandirian individu dalam melakukan kegiatan …
a.Belajar mengajar sesuai kurikulum tertentu
b.Beljar dalam waktu dan tempat tertentu
c.Mengajar dengna metode dan media tertentu
d.Membentuk kepribadian individu
35.memberantas kebodohan adalah salah satu fungsi pendidikan menurut …
a.Bruce J. Cohen c.Horton and Hunt
b.Bogardus d. Emile Durkheim
36.Seorang ibu menasehati anaknya untuk tidak terlibat tawuran pelajar maka terjadi pengendalian sosial …
a.Individu terhadap kelompok
b.Kelompok terhadap kelompok
c.Kelompok terhadap individu
d.Individu terhadap individu
37.Seorang guru ketika mengawasi siswanya ujian sekolah terjadi suatu pengendalian sosial …
a.Individu terhadap kelompok
b.Kelompok terhadap kelompok
c.Kelompok terhadap individu
d.Individu terhadap individu
38.Salah satu tugas polisi sebagai lembaga pengendalian sosial, yaitu …
a.Membuat keputusan hukum
b.Menghakimi bagi orang-orang yang bersalah
c.Menghukum masyarakat yang bersalah
d.Membuat keputusan hukum
39.pengendalian sosial yang menekankan pembinaan kerohanian dapat tercapai melalui …
a.Pendidikan agama c. Kurungan
b.Denda d. Pengorbanan
40.Pengendalian sosial dapat ditempuh melalui proses …
a.Peringatan-teguran-hukuman
b.Hukuman-peringtan-teguran
c.Teguran-peringatan-hukuman
d.Peringatan-hukuman-teguran
41.Seseorang yang membaca buku, dapat dikatakan bahwa dia memenuhi kebutuhan…
a. sekunder c. Individu
b. Psikologis d. Rohani
42.Tiga pelaku ekonomi Indonesia sesuai UUD 1945 pasal 33, terdiri atas sector…
a.Negara, swasta, dan BUMN
b.Negara, BUMN dan Koperasi
c.Negara, Swasta, dan koperasi
d.Negara, BUMN dan swasta
43.Bapak Koperasi Indonesia ialah…
a. Soekarno c. R. Arya Wiraatmadja
b.Mohammad Hatta d. Soeharto
44.Fungsi pasar sebagai tempat penyerapan tenaga kerja, yaitu…
a.promosi barang dan jasa ke took-toko yang lebih besar
b.membuka peluang usaha sebagai pelayan took dan tenaga kasir
c.pertemuan antara antara konsumen dan produsen
d.menyalurkan barang dan jasa kepada konsumen
45. Penduduk yang berusia 15-64 tahun disebut…
a. Pengangangguran c. Kesempatan kerja
b. Tenaga kerja d. Lowongan kerja
46. Pada dasarnya, pengangguran disebabkan…
a. tingginya tingkat pertumbuhan penduduk
b. penurunan permintaan dan penawaran kerja
c. angkatan kerja lebih berbesar dari pada kesempatan kerja
d. jumlah penduduk lebig besar daripada tenaga kerja
47. Berikut termasuk tenaga kerja yang tidak terdidik dan tidak terlatih, yaitu…
a. Tukang becak c. Dokter
b. Tukang kayu d.Montir
48. Produktivitas tenaga kerja berarti…
a. hasil total yang dicapai tenaga kerja
b. kemampuan tenaga kerja untuk menghasilkan per satuan waktu
c. kemampuan tenaga kerja untuk bertahan kerja
d. hasil maksimal yang dicapai oleh seseorang tenaga kerja
49. Indonesia menganut system ekonomi…
a. Tradisional c. Komando
b. Pasar d. Pancasila
50. Salah satu kebaikan system ekonomi campuran, yaitu…
a.pemerintah membantu pengusaha swasta
b.pemerintah daerah menjadi pengambil keputusan daerah
c.pihak swasta menjadi penyalur barang-barang pemerintah
d. Pihak swasta diberi kebebasan meminjam dana dari badan keuangan internasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar