Translate

Selasa, 17 Maret 2015

MANFAAT KEDELAI

manfaat-kedelai
1. Menurunkan Kolesterol
Zat-zat kedelai yang terdapat dalam tempe mampu membantu menurunkan lemak darah. yaitu protein, PUFA, serat, niasin, vitamin E, isoflavon, karetenoid dan kalsium. Mengonsumsi tempe dalam jumlah tertentu dan secara teratur, dapat menurunkan kolesterol total dan LDL.
2. Mencegah Kanker
Pada masyarakat Jepang yang gemar mengonsumsi kedelai, jarang yang terserang kanker. Hal ini karena kedelai mengandung fitoestrogen, yang merupakan zat yang mirip hormon estrogen, serta  isoflavon yang antioksidan. Jenis kanker yang bisa dicegah antara lain payudara, prostat, saluran telur dan indung telur.
3. Mencegah Osteoporosis
Fitoestrogen yang terkandung dalam kedelai mampu mencegah osteoporosis. Selain itu, ekstra kalsium dalam tahu, proteinnya juga dapat mengurangi pengeluaran kalsium lewat urin.
4. Mengobati Anemia
Manfaat kedelai lainnya adalah terdapat pada tempe yang mengalami fermentasi, yang meningkatkan aktivitas vitamin B12 yang berguna dalam pembentukan sel-sel darah merah.
5. Baik untuk Penderita Diabetes
Kandungan serat, vitamin B kompleks, serta asam aminonya membuat tempe menjadi sumber protein sempurna bagi penderita diabetes. Seratnya juga dapat mengendalikan kadar gula darah.
6. Melancarkan Pencernaan
Kedelai kaya akan serta, sehingga membantu kontraksi otot usus dan mencegah sembelit. Kandungan zat antibakterinya juga dapat mencegah diare.
7. Anti Penuaan Dini
Sifat kedelai yang antioksidan, jika dikonsumsi dalam jumlah cukup secara teratur maka dapat membantu mencegah penuaan dini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar