Translate

Selasa, 17 Maret 2015

MANFAAT LABU SIAM

manfaat-labu-siam
1. Mengendalikan tekanan darah
Buah labu siam kaya akan kalium yang bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi dan membersihkan karbondioksida di dalam darah. Selain itu, kalium juga bermanfaat untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. Kalium yang tinggi juga akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan, sehingga membuat tubuh menjadi lebih segar.
2. Menurunkan produksi VLDL
Buah labu siam juga mengandung komponen vitamin yang cukup tinggi. Niasin merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang disebut sebagai vitamin B3, berfungsi untuk menurunkan produksi VLDL (very low density lipoprotein) di dalam hati, sehingga produksi LDL dan trigliserida dapat menurun.
3. Membantu metabolisme protein
Manfaat labu siam untuk membantu metabolisme protein disebabkan buah ini kaya akan vitamin B6 di dalamnya. Vitamin B6 sangat esensial untuk proses transaminasi dan deaminasi serta dekarboksilasi asam amino.
4. Memperbaiki mood
Manfaat labu siam yang lain adalah bisa memperbaiki mood, kandungan selenium pada labu siam juga cukup baik. Selenium berperan untuk memperbaiki mood. Sebuah penelitian di Amerika Serikat membuktikan bahwa orang yang kadar selenium tubuhnya paling rendah menunjukkan mood yang paling buruk.
5. Diuretik
Labu siam juga diketahui memilki efek diuretik, sehingga mampu menurunkan kadar garam di dalam darah melalui pembuangan air seni. Berkurangnya kadar garam yang bersifat menyerap atau menahan air ini akan meringankan kerja jantung dalam memompa darah, sehingga tekanan darah akan menurun.
6. Mengurangi asam urat dan diabetes
Efek diuretik dari labu siam akan melancarkan pembuangan air kecil, sehingga kelebihan asam urat dapat segera dikeluarkan dari dalam tubuh. Manfaat labu siam juga baik bagi penderita diabetes. Hal itu disebabkan pada labu siam terdapat kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga penderita diabetes tidak perlu mengonsumsi makanan pokok secara berlebihan.
7. Menjaga kesehatan ginjal
Kandungan air yang tinggi pada labu siam membuatnya sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal.
8. Antimikroba
Pada labu siam juga terkandung komponen tanin yang bersifat antimikroba, serta alkaloid yang mampu memperlancar peredaran darah sehingga menegah penyakit stroke.
9. Menyembuhkan sariawan
10. Mampu mencegah akan terserangnya penyakit kanker
11. Mengurangi risiko terserang jantung
12. Sangat baik dikonsumsi bagi ibu yang sedang hamil muda
13. Kaya akan serat yang mampu membantu melancarkan pencernaan
14. Mencegah dan mengobati penyakit wasir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar