Translate

Selasa, 17 Maret 2015

SUMBER DAN MANFAAT VITAMIN C

sumber-manfaat-vitamin-c
1. Kiwi
Kiwi memilki bentuk dan tekstur daging eksotis dengan cita rasa yang unik. Selain itu, kiwi juga mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat membantu menguatkan sistem imun tubuh. Dalam satu buah kiwi terdapat kandungan vitamin C sebanyak 137,2 miligram.
2. Cabai Rawit
Cabai rawit mengandung vitamin C yang lebih tinggi dari buah jeruk. Namun jika konsumsi secara berlebihan jelas tidak baik untuk lambung. Setidaknya mendapatkan sedikit asupan Vitamin C bagi anda yang gemar mengonsumsi makanan pedas.
3. Jambu biji
Jika ingin mendapatkan nutrisi vitamin C pada Buah jambu biji, anda dapat menikmatinya secara langsung maupun diolah menjadi jus. Sebagian orang suka jambu biji yang sudah matang, sementara beberapa memilih yang agak mentah.
4. Paprika
Paprika juga kaya akan vitamin C sama seperti cabai. Satu cangkir paprika merah yang sudah diiris terkandung 190,3 miligram vitamin C. Sedangkan pada paprika hijau mengandung 119,8 miligram.
5. Blewah
Kabar baik bagi Anda yang menyukai blewah. Sebab blewah juga merupakan salah satu sumber vitamin C yang baik bagi tubuh. Satu porsi blewah terdapat 49,2 miligram vitamin C.
6.Grapefruit
Grapefruit sebenarnya masih bersaudara dengan buah jeruk. Untu k itu, buah ini juga mmemilki kandunganvitamin C tinggi. Selain itu, grapefruit juga cocok dijadikan menu sarapan karena kaya akan serat.
Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan sumber Vitamin C akan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh kita. Berikut manfaat dari Vitamin C.
1. Mengendalikan Kadar Kolesterol
Manfaat Vitamin C selanjutnya yaitu membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu, yang mungkin memiliki implikasi untuk meningkatnya kolesterol darah serta timbulnya batu empedu.
2. Membantu Pertumbuhan
Vitamin C berguna untuk membantu pertumbuhan dan memperbaiki jaringan seluruh bagian tubuh kita. Vitamin C berfungsi untuk membentuk collagen, protein untuk pembentukan kulit, ligamen, tendon  serta pembuluh darah. Selain itu, juga dapat digunakan untuk membantu proses penyembuhan luka dan memelihara tulang dan gigi.
3. Mencegah Penuaan
Vitamin C adalah antioksidan untuk melawan radikal bebas. Vitamin C dapat melindungi molekul penting, seperti protein, karbohidrat, lipid dan asam nukle. dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas, racun serta polusi. Radikal bebas merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya penuaan dini.
4. Memperbaiki Mood
Vitamin C bisa membantu memperbaiki mood dengan cara mengurangi stres. Pada saat stres, tubuh Anda akan memproduksi radikal bebas dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan biasanya. Dalam hal ini Vitamin C bertindak sebagai antioksidan kuat yang mampu menangkal radikal bebas tersebut dengan efektif.
Selain membantu mengurangi stres, vitamin C dalam tubuh juga membantu mengembalikan tekanan darah dan kortisol ke tingkat normal.
5. Mempercepat Pemulihan
Semua orang membutuhkan Vitamin C. Bagi seorang atlet professional, Vitamin C berguna untuk menjaga kekebalan tubuh serta membantu seorang atlet dalam proses pemulihan tubuh setelah melakukan latihan yang berat.
6. Membantu Menurunkan Berat Badan
Vitamin C telah terbukti menjadi salah satu faktor penting terjadinya biosintesis molekul kecil seperti protein yang disebut carnitine. Carnitine berfungsi mengarahkan molekul lemak ke sel-sel jaringan di mana terjadinya pembakaran lemak. Akibat dari kekurangan molekul lemak selama proses metabolisme bisa menyebabkan penurunan energi dan kelelahan. Maka akan terjadi penimbunan lemak jika kadar carnitine dalam tubuh menurun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar